Nasi Goreng

Beberapa hari yang lalu saya punya pengalaman menarik tentang nasi goreng
Waktu itu magrib saya menuju perjalanan pulang sehabis mengurusi suatu event kampus,perut saya kebetulan lapar sekali,maklum setelah seharian tanpa makan(makannya Cuma pagi),dibenak saya sudah terpikir saya pengen makan nasi goreng,akhirnya setelah saya putuskan saya berhenti pada warung nasi goreng di perjalanan menuju rumah saya.
“Bapak saya pesan nasi gorengnya satu”saya pesan sekenanya,si bapak hanya tersenyum sambil mengiyakan pakai perkataan jawa halus,setelah nasi goreng saya jadi,saya mengulurkan tangan saya dengan uang 100 ribu untuk membayar
“wah mba,gak ada uang kecil ya?”
“Kebetulan Gak ada nih pa”
Si bapak memanggil istrinya yang tengah duduk mengobrol dengan pedagang lainnya,lalu menyerahkan uangnya juga ke si istri
“Wah mba,gak ada uang pas ya?”kali ini giliran si istri yang bertanya,aduhh saya kan gak punya uang pas,saya jawab kembali seperti sebelumnya,namun kali ini sambil mengorek ngorek isi dompet saya kali kali aja ada uang kecil yang keselip sedang si ibu sambil bertanya ke pedagang pedagang sekitar untuk menukarkan uangnya
“ya udah mba,gak usah bayar aja,nasi gorengnya bawa aja”kata si ibu akhirnya
Nah lo,saya sempat melonggo,ko ada ya penjual yang kaya gini?masa iya saya gak bayar sih,niatnya kan mau beli,bukan minta gratisan,gimana sih si ibu.
“loh bu saya niatnya kan beli bu,masa iya sih gak bayar,gak enak bu”
Kali ini si ibu malah menyodorkan uang saya kembali”ini bawa aja uangnya,gak dibayar juga gak apa apa ko,gak ada uang kembaliannya mba”si ibu malah tambah bikin hati saya gak enak,tapi kebetulan nemu uang 5 ribu di tas,ya udah akhirnya saya bilang ke ibu
“Ini bu,uang kecilnya Cuma ada 5 ribu di tas saya,gak cukup”saya berkata
Si ibu malah dengan lembut berkata”gini aja,5 ribu aja gak papa ko mba,biar aja,5 ribunya ntar di bayar kapan kapan”
Saya Cuma bisa melonggo gak habis pikir,ada penjual sebaik ini pikir saya,di kota kota besar pula,bahkan si ibu sampai bertanya saya pulang dari mana,rumah saya dimana”capek mba?” tanya beliau,masih dengan senyum keibuannya,yang malah tambah bikin gak enak hati saya untuk gak bayar sisanya.
“y udah bu,klo gitu saya cari 5 ribunya dlu ya bu,ntar saya balik ke sini lagi bayarnya”
“iya mba,besok besok juga gak ppa ko mba,gak usah malam ini,kasian mba,jauh pulangnya”si ibu bikin saya ingat mama di rumah jadinya.
jadilah besoknya saya kembali ke warung ibunya membayar sisa belanja nasi goreng saya kemarin,sambil meminta maaf karna baru bisa bayar 1 hari setelahnya
Itulah tuhan maha adil,dia menciptakan orang baik dan orang jahat didunia ini sebagai pembelajaran unutk hidup kita,kadang pembelajaran kehidupan yang kita dapat tidak harus melalui bangku sekolah,namun juga sekeliling kita lah yang banyak berperan penting dalam pembelajaran hidup kita.hal hal apa yang perlu kita ambil hikmahnya dalam setiap kejadian,itu yang harusnya kita sadari,kadang kita masih sulit untuk belajar mengikhlaskan sesuatu,termasuk saya sendiri,padahal saya tahu harta yang saya pakai,fasilitas yang saya punya sekarang bukanlah hasil jerih payah saya,namun orang tua saya,namun saya terkadang susah untuk mengikhlaskan sesuatu yg ada di tangan saya,sedang si ibu dan bapak penjual nasi goreng tadi,mereka berdua mencari uang untuk kehidupan sehari hari,namun begitu mudahnya ketika mengikhlaskan 1 bungkus nasi goreng untuk saya.inilah yang membuat saya merasa malu atas diri saya.
Semoga allah membukakan pintu rezeki yang berlimpah untuk orang orang yang baik seperti beliau.aminn
Ps:tulisan ini hanya sebagai pelajaran hidup untuk kita semua,yang sudah mampir ke blog saya terima kasih banyak sudah melungkan waktunya 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s